Sosialisasi Jalur SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2019 di Pandaan Kab. Pasuruan

Pasuruan – Penerimaan Mahasiswa Baru (maba) Tahun 2019 mulai digelar, jalur pertama yang sudah dilaksanakan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kemudian dilanjutkan dengan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Untuk itu Univeraitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia juga melakukan sosialisasi penerimaan maba jalur tersebut ke beberapa daerah di Jawa Timur. Sosialisasi pertama dilaksanakan (14/1) di Ruang Sidang Senat, Graha Rektorat lantai 9 UM, dengan skema mengundang Kepala Sekolah atau Guru Bimbingan Konseling (BK) perwakilan sekolah yang ada di wilayah Malang, Blitar, dan Tulungagung untuk hadir di UM, guna mengikuti serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN. Informasi yang disampaikan antara lain tentang pola penerimaan yang berubah di banding tahun kemarin, kuota penerimaan maba di setiap jalur dan lain-lain.

Kemudian sosialisasi dilanjutkan dengan merambah ke Pandaan Kabupaten Pasuruan, menghadirkan 3 narasumber yaitu Ketua SBMPTN UM Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si., MBus., Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si dan Dr. dr.H. Moch. Yunus, M.Kes selaku Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Bertempat di Aula SMAN 1 Pandaan, UM berkolaborasi dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), mengundang sekitar 65 guru BK perwakilan dari sekolah SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta, untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Paparan yang disampaikan para narasumber disambut dengan baik oleh audiens, hal ini terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir dalam mengajukan berbagai pertanyaan.

Salah satunya dari guru BK asal SMKN 1 Wonorejo, menanyakan tentang point yang telah didapatkan oleh salah satu anak didiknya, setelah mengikuti UTBK berkeinginan melanjutkan studi ke UM. “Dengan skor 600 point, apakah anak didik saya bisa melanjutkan ke UM dengan memilih prodi akuntansi, dan apakah poin tersebut cukup untuk masuk ke UM” ujar Fitriah dalam forum tersebut.

Selain Fitriah yang menanyakan masalah skoring dalam UTBK, berbagai permasalahan teknis juga ditanyakan oleh peserta lain, hal ini di respon positif oleh narasumber, secara gamblang mereka menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan dengan baik dan benar.

Pewarta: Sely Septi Sartika – Humas UM