Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Program PPG dalam Jabatan Bersubsidi Tahap I

  1. Bagi calon mahasiswa baru PPG DALAM JABATAN BERSUBSIDI TAHAP I Kerjasama dengan Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti dan Ditjen GTK Kemendikbud Tahun 2019 yang dinyatakan lolos mengikuti Program PPG DALAM JABATAN yang diselenggarakan di UM, wajib melakukan registrasi online dan administrasi (lapor diri), yang akan dilaksanakan sebagai berikut:
    1. Waktu Pelaksanaan Registrasi Online
      Calon melakukan registrasi secara online pada laman: http://registrasi.um.ac.id mulai tanggal 3 Maret 2019 dengan menggunakan nomor pendaftaran yang dapat dilihat pada laman: http://ppg.um.ac.id
    2. Waktu pelaksanaan lapor diri
      Calon harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) untuk melakukan lapor diri dilakukan pada tanggal 4 – 5 Maret 2019 pukul 08.00 – 15.00 WIB di Subag Registrasi dan Statistik, BAKPIK Universitas Negeri Malang, Gedung Graha Rektorat UM Lantai 2. Pembagian waktunya sebagai berikut:

      Tanggal Mata Pelajaran
      4 Maret 2019 Guru Kelas SD, Matematika, Bimbingan Konseling, Bahasa Inggris
      5 Maret 2019 Guru Kelas TK, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial
    3. Persyaratan mengikuti lapor diri
      Pada saat datang lapor diri, peserta mengumpulkan berkas:

      • Lembar biodata hasil registrasi online di laman http://um.ac.id (ditempel pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm).
      • Fotocopy Ijasah S1 (dan S2 atau S3 bila memiliki), yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis (bukan oleh Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, atau lembaga lain yang tidak berwenang) (1 rangkap).
      • Format A1 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah dan distempel basah. Format A1 didapat dari web http://sergur.id
      • Pakta Integritas yang telah ditandatangani di atas materai Rp6.000. (didapat dari web http://sergur.id)
      • Fotokopi Kartu Keluarga (1 lembar)
      • Surat Tugas mengikuti lokakarya PPG dalam jabatan di UM Tahap I tahun 2019, dari Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Yayasan.

    Catatan:

    1. Peserta harus memastikan telah lulus dan mengisi biodata di http://ppg.ristekdikti.go.id/
    2. Peserta akan dibuatkan rekening BNI secara kolektif, untuk digunakan dalam penyaluran biaya pendidikan dari Kemendikbud. Uang setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp. 100.000 ditanggung oleh peserta.
    3. Peserta yang tidak melakukan lapor diri dinyatakan mengundurkan diri dari semua kegiatan PPG Dalam Jabatan.
  2. Orientasi dan Kegiatan PPG
    1. Pelaksanaan Orientasi Akademik
      Orientasi diselenggarakan pada tanggal 6 Maret 2019. Kegiatan orientasi meliputi pembekalan pelaksanaaan PPG, penandatangan Perjanjian dengan GTK, dan pembukaan Rekening BNI. Pada saat orientasi peserta membawa: Fotokopi KTP (2 lembar),  Fotokopi NPWP (1 lembar),  Fotokopi Ijasah S1 (1 lembar), dan materai bernilai Rp6.000 (3 lembar). Peserta memakai hem/baju warna putih, celana panjang/rok panjang warna hitam (jilbab menyesuaikan), jas Almamater UM (didapatkan saat lapor diri). Keterangan lebih lengkap mengenai jadwal dan lokasi orientasi akademik akan disampaikan kemudian melalui web http://ppg.um.ac.id
    2. Pelaksanaan Lokakarya
      Lokakarya diselenggarakan di prodi masing-masing di UM (lokasi rinci per prodi akan disampaikan pada saat orientasi). Pelaksanaan lokakarya adalah tanggal 8 Maret – 11 April 2019, pada hari Senin sampai Sabtu, pukul 07.00-17.30 WIB. Peserta wajib mengikuti lokakarya secara penuh, dan tidak meninggalkan lokakarya untuk keperluan lain termasuk untuk mengajar di sekolah asal. Busana yang dikenakan selama lokakarya adalah pakaian bebas, sopan, dan rapi.
    3. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
      Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 15 April – 4 Mei 2019 di sekolah mitra yang ditunjuk oleh UM. Pada akhir PPL akan dilaksanakan Uji Kinerja (tanggal 29 April – 4 Mei 2019). Lokasi sekolah tempat pelaksanaan Uji Kinerja akan ditetapkan kemudian.
    4. Uji Pengetahuan UKMPPG
      Uji pengetahuan (UP) dilaksanakan di kampus UM. Bentuknya adalah CBT (Computer Based Test) secara online. Lokasi dan waktu ujian akan ditetapkan kemudian.
    5. Lain-lain
      Untuk kegiatan pembelajaran, peserta diharap membawa: Bahan ajar/media/RPP yang sesuai, dan laptop.

 

 

Malang, 28 Februari 2019
a.n. Rektor,
Wakil Rektor I

ttd.

Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto , M.Ed., M.Si
NIP 196410241988121000


Download pengumuman registrasi:
Pengumuman Registrasi PPG Daljab 1 Tahun 2019