Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Bersubsidi Daerah Khusus; Kerjasama Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti dengan Ditjen GTK Kemendikbud Tahun 2019

Pelaksanaan Registrasi Administrasi

Bagi calon mahasiswa baru “PPG dalam Jabatan Bersubsidi Daerah Khusus Tahun 2019” yang dinyatakan lolos mengikuti Program PPG DALAM JABATAN yang diselenggarakan di UM, wajib melakukan registrasi online dan administrasi (lapor diri), yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Waktu Kedatangan di Asrama: Peserta diharapkan telah hadir di asrama UM paling lambat pada tanggal 23 Juni 2019 (alamat: Jl. Semarang 5 Malang). Informasi lebih lanjut bisa menghubungi pengelola asrama: Bpk. Badawi (081803854304).
  2. Waktu Pelaksanaan Registrasi Online: Melakukan registrasi secara online pada laman: http://registrasi.um.ac.id mulai tanggal 18 Juni 2019 dengan menggunakan nomor pendaftaran yang bisa dilihat di http://ppg.um.ac.id
  3. Waktu Pelaksanaan Lapor Diri: Calon harus datang sendiri (tidak dapat diwakilkan) untuk melakukan lapor diri pada hari Senin, tanggal 24 Juni 2019 pukul 08.00-12.00 WIB di Subag Registrasi dan Statistik, BAKPIK Universitas Negeri Malang, Gedung Graha Rektorat UM Lantai 2.
  4. Persyaratan Mengikuti Lapor Diri:
    • Lembar biodata hasil registrasi online di laman http://um.ac.id (ditempel pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm);
    • Fotocopy Ijasah S1 (dan S2 atau S3 bila memiliki), yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis (bukan oleh Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, atau lembaga lain yang tidak berwenang) 1 (satu) rangkap;
    • Fotokopi Akta dan Kartu Keluarga (KK) masing-masing 1 (satu) rangkap;
    • Format A1 (didapat dari web http://sergur.id) yang telah ditandatangani Kepala Sekolah dan distempel basah;
    • Pakta Integritas (didapat dari web http://sergur.id) yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000;
    • Surat Tugas mengikuti PPG Dalam Jabatan Daerah Khusus di UM tahun 2019, dari Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Yayasan.

    Peserta yang tidak melakukan lapor diri dinyatakan mengundurkan diri dari semua kegiatan PPG Dalam Jabatan.

  5. Pembuatan Rekening BNI: Peserta diwajibkan untuk membuat rekening BNI secara kolektif, untuk penyaluran bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan dari Kemendikbud. Uang setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp. 100.000 ditanggung oleh peserta. Pembukaan rekening dilakukan pada tanggal 24 Juni 2019, pukul 13.00-14.00 WIB bertempat di Aula Pascasarjana UM, Gedung H3 ruang 209. Peserta diwajibkan membawa Fotokopi KTP dan materai Rp. 6.000 masing-masing 2 (dua) lembar.

Orientasi dan Kegiatan PPG

  1. Pelaksanaan Orientasi Akademik : Orientasi diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2019 jam 14.00-17.00 WIB di Aula Pascasarjana UM, Gedung H3 ruang 209. Kegiatan orientasi meliputi pembekalan pelaksanaaan PPG, penandatangan Perjanjian dengan GTK, dan pembukaan Rekening BNI. Pada saat orientasi peserta membawa: Fotokopi Ijasah S1 (1 lembar). Peserta memakai hem/baju warna putih, celana panjang/rok panjang warna hitam (jilbab menyesuaikan).
  2. Pelaksanaan PPG dan Lokakarya : PGDK (Pembekalan Guru Daerah Khusus) dan lokakarya diselenggarakan di Gedung Pascasarjana UM (lokasi akan disampaikan pada saat orientasi).
    • Pelaksanaan PGDK : 25 Juni – 2 Juli 2019
    • Pendalaman Materi : 4 Juli – 20 Juli 2019
    • Lokakarya : 22 Juli – 22 Agustus 2019

    Semua diadakan pada hari Senin s.d Sabtu, pukul 07.00-17.30 WIB. Peserta wajib mengikuti lokakarya secara penuh, dan tidak meninggalkan lokakarya untuk keperluan lain termasuk untuk mengajar di sekolah asal. Busana yang dikenakan selama lokakarya adalah pakaian bebas, sopan, dan rapi.

  3. Penandatanganan MOU dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) : Penandatangan MOU dengan GTK dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2019 pukul 08.00-11.00 WIB di Aula Pascasarjana UM. Peserta diminta membawa copy kartu NPWP (1 lembar) dan materai Rp. 6.000 (3 lembar).
  4. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) : Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus – 14 September 2019 di sekolah mitra yang ditunjuk oleh UM. Pada akhir PPL akan dilaksanakan Uji Kinerja. Waktu dan lokasi sekolah tempat pelaksanaan Uji Kinerja akan ditetapkan kemudian.
  5. Uji Pengetahuan UKMPPG : Uji pengetahuan (UP) dilaksanakan di kampus UM. Bentuknya adalah CBT (Computer Based Test) secara online. Lokasi dan waktu ujian akan ditetapkan kemudian.

Lain-lain

Untuk kegiatan pembelajaran, peserta diharap membawa bahan ajar/media/RPP yang sesuai dan laptop. Selama dalam pelaksanaan PPG, mahasiswa diwajibkan tetap tinggal di asrama yang disediakan.

 

Malang, 19 Juni 2019
a.n. Rektor,
Wakil Rektor I

ttd

Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto , M.Ed., M.Si
NIP 196410241988121000


Unduh pengumuman: Pemanggilan PPG 2019 Daljab Program Khusus (Dasus)