Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

  1. Visi
    Menjadi program doktor unggulan dan rujukan dalam bidang pendidikan doktor jalur penelitian.
  2. Misi
    1. Meningkatkan peran Pascasarjana UM dalam pemerataan pendidikan di tanah air dengan memperluas kesempatan belajar bagi mahasiswa calon ilmuwan baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk menempuh program doktor jalur penelitian.
    2. Meningkatkan peran Pascasarjana UM dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui publikasi karya akademik mahasiswa program doktor jalur penelitian pada berbagai jurnal internasional bereputasi berdasarkan hasil kajian dan penelitian mahasiswa program doktor jalur penelitian.
    3. Meningkatkan peran Pascasarjana UM dalam pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui keperansertaan mahasiswa program doktor jalur penelitian pada berbagai pertemuan forum akademik berupa konferensi atau seminar dengan publikasi dalam bentuk prosiding.
  3. Tujuan
    1. Meningkatkan jumlah lulusan doktor sebagai ilmuwan di berbagai bidang ilmu melalui program doktor jalur penelitian.
    2. Menghasilkan doktor ilmuwan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.
    3. Menghasilkan karya ilmiah unggulan yang original, teruji dan inovatif berbasis penelitian.
    4. Meningkatkan mutu dan jumlah karya ilmiah di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diakui dan dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi atau prosiding ber-ISBN dan terindeks pada lembaga pengindeks kredibel.
  4. Sasaran
    1. Para calon ilmuwan yang sudah berpendidikan magister/master dan berprestasi tinggi bidang akademik di masyarakat, namun belum berkesempatan menempuh pendidikan doktor.
    2. Para calon ilmuwan yang sedang menempuh pendidikan jenjang magister/master yang memiliki prestasi akademik tinggi dan prospek pengembangan keilmuan untuk menempuh pendidikan doktor.
    3. Sumberdaya manusia dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah
    4. Indonesia Timur yang belum berkualifikasi dan berkompetensi doktor.
    5. Peningkatan kuantitas dan kualitas karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Kompetensi dan Profil Lulusan

Kompetensi lulusan program studi doktor jalur penelitian dijabarkan sebagai berikut.

  1. Kritis, peka dan responsif terhadap dinamika permasalahan dalam bidang keilmuan.
  2. Kreatif dan produktif dalam memikirkan, merekayasa, dan memraktikkan pembelajaran yang berorientasi pada pembangunan nasional menurut amanat Undang-Undang Dasar 1945, melalui proses:
    1. menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif, serta bersifat original;
    2. mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang original dan inovatif melalui penelitian ilmiah, atau menghasilkan karya desain beserta konsep kajian yang didasarkan pada kaidah desain yang disusun dalam bentuk disertasi;
    3. memublikasikan hasil-hasil penelitian pada jurnal ilmiah internasional bereputasi;
    4. memahami dan mengomunikasikan gagasan dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat, terutama masyarakat akademik dengan menggunakan bahasa nasional dan bahasa Inggris atau bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa;
    5. mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan;
    6. meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri;
    7. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun luar negeri;
    8. melaksanakan penelitian bidang pendidikan humaniora berbasis peta penelitian, dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain; dan
    9. mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitian dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian.
  3. Profil Lulusan
    Karakteristik profil lulusan program doktor jalur penelitian Pascasarjana UM adalah memiliki keunggulan akademik, memiliki pengetahuan mendalam, memiliki kemampuan meneliti yang handal, memiliki kemampuan mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal jurnal internasional bereputasi dalam bidang keilmuannya, memiliki etik yang baik dan mampu beradaptasi dalam kebhinnekaan, dan menjadi warga masyarakat akademik yang aktif dan produktif.

Capaian Pembelajaran

Memiliki kapabilitas pembaru dalam bidang keilmuan, kapabilitas untuk menemukan dan memaparkan gagasan, hasil kajian, dan hasil penelitian dalam forum akademik dan publikasi ilmiah, menghadapi tantangan perubahan lingkungan dalam bidang keilmuan.

Deskripsi Umum

  1. Merupakan program pendidikan doktor jalur penelitian yang kelulusannya sepenuhnya didasarkan pada publikasi karya ilmiah dan disertasi. Bilamana diperlukan, sesuai dengan rekomendasi promotor, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan matakuliah (sit-in, non-sks) yang relevan dengan topik penelitian.
  2. Program doktor jalur penelitian ditujukan bagi calon doktor yang memiliki kemandirian belajar, komitmen kuat, integritas tinggi, kapabilitas akademik dan pengembangan keilmuan.
  3. Program doktor jalur penelitian menekankan pada aspek kemampuan calon doktor melakukan penelitian ilmiah yang menghasilkan kebaruan yang dipublikasi pada jurnal internasional bereputasi.
  4. Program doktor jalur penelitian berlaku pada semua program studi jenjang doktor yang memiliki promotor sesuai dengan persyaratan kualifikasi.
  5. Program doktor jalur penelitian diperuntukkan bagi calon mahasiswa dengan latar belakang keilmuan yang mendukung penyelesaian studi.
  6. Pendaftaran program doktor jalur penelitian dapat dilakukan setiap saat sesuai dengan kebersediaan promotor dalam bidang keilmuan.
  7. Calon mahasiswa yang telah bekerja, wajib menyertakan ijin dari instansinya.
  8. Lama masa studi program doktor jalur penelitian antara 3-5 tahun
  9. Besaran biaya penyelenggaraan pendidikan program doktor jalur penelitian untuk setiap semester berupa biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau sebutan lain sesuai dengan kebijakan yang besarannya ditentukan/ditetapkan oleh universitas. Calon mahasiswa mengisi form yang menunjukkan bukti ketersediaan dana atau sponsor pendanaan studi.

Persyaratan Akademik dan Penilaian Portofolio

  1. Calon mahasiswa adalah lulusan atau sedang menempuh jenjang magister/master dari program studi yang relevan, terakreditasi BAN PT minimal B.
  2. Memiliki capaian IPK S2 ≥ 3,50.
  3. Lulus TPA dengan skor minimal 550.
  4. Memiliki skor TOEFL ≥ 500 atau IELTS ≥ 5,0. Khusus untuk Program Studi Bahasa Inggris memiliki skor TOEFL ≥ 550 atau IELTS ≥ 5,5.
  5. Melampirkan minimal 2 karya ilmiah yang dimuat pada jurnal nasional terakreditasi atau 1 karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi selama 5 tahun terakhir sebagai karya mandiri atau penulis utama, atau penulis pertama.
  6. Menyertakan daftar riwayat penelitian yang berisi baik karya penelitian kelompok maupun karya penelitian mandiri, disertai bukti pendukung berupa portofolio karya akademik.
  7. Calon mahasiswa menyerahkan rekomendasi yang berasal dari 3 (tiga) dosen calon pembimbing yang memiliki keahlian relevan.
  8. Menyerahkan usulan penelitian disertasi.
  9. Berdasarkan telaah penilaian dokumen portofolio riwayat akademik, calon tim pembimbing dapat melakukan konfirmasi atau wawancara dengan calon mahasiswa melalui berbagai media elektronik.
  10. Calon mahasiswa yang dinilai layak dan memenuhi kualifikasi oleh calon tim pembimbing, selanjutnya diterima sebagai mahasiswa program doktor jalur penelitian yang diajukan oleh Direktur Pascasarjana kepada Rektor untuk diterbitkan SK Rektor mengenai penerimaan mahasiswa. Calon mahasiswa yang tidak layak dinyatakan gugur.

Pelaksanaan Pendidikan

  1. Kegiatan Pendidikan
    1. Semester I: mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik berupa pemantapan kelayakan proposal disertasi bersama tim pembimbing, aktivitas kolokium (colloquium), workshop, seminar, konferensi dan/atau aktivitas akademik sejenis.
    2. Semester II: mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik berupa pemantapan kelayakan proposal disertasi bersama tim pembimbing, penelitian pendahuluan, aktivitas kolokium (colloquium), workshop, seminar, konferensi dan/atau aktivitas akademik sejenis.
    3. Semester III: mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik berupa penelitian lanjutan, proses bimbingan, seminar kemajuan hasil penelitian, aktivitas penyebarluasan gagasan sebagai pemakalah pada seminar atau konferensi nasional/internasional, dan publikasi artikel.
    4. Semester IV-VI: mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik berupa penelitian lanjutan, proses bimbingan, seminar kemajuan hasil penelitian, aktivitas pada bebagai seminar/konferensi internasional, publikasi artikel, penyelesaian isertasi, ujian kelayakan, dan ujian akhir disertasi.

    Keterangan:

    • Ujian kelayakan: jumlah penguji 4 orang terdiri dari 3 orang tim promotor dan 1 orang penguji bidang studi.
    • Ujian akhir disertasi: Jumlah penguji minimal 6 orang, terdiri dari 3 orang yang berasal dari tim promotor, 1 orang penguji bidang studi, 1 orang penguji bidang pendidikan, dan 1 orang penguji tamu dari luar UM.
  2. Pembimbingan oleh Tim Pembimbing
    1. Mahasiswa program doktor jalur penelitian menyusun rencana studi paripurna yang disepakati bersama oleh tim pembimbing.
    2. Mahasiswa program doktor jalur penelitian dapat mengikuti matakuliah pendukung disertasi (sit-in, non-sks) yang relevan dengan topik penelitian atas rekomendasi tim promotor.
    3. Mahasiswa program doktor jalur penelitian mengikuti proses konsultasi dan pembimbingan terkait penelitian, penyelesaian disertasi, aktivitas penyebarluasan gagasan ilmiah melalui kolokium, workshop, seminar, konferensi, atau aktivitas akademik sejenis, dan publikasi bersama dengan tim pembimbing melalui beragam media komunikasi.
  3. Tim Promotor
    1. Tim promotor memiliki roadmap penelitian, publikasi karya akademik, dan latarbelakang keilmuan relevan dengan topik penelitian disertasi calon mahasiswa.
    2. Tim promotor terdiri atas seorang promotor utama bergelar Guru Besar (pembimbing I) dan 2 orang ko-promotor (pembimbing II dan pembimbing III).
    3. Promotor Utama berasal dari dosen Universitas Negeri Malang dengan kualifikasi guru besar.
    4. Ko-promotor dapat berasal dari perguruan tinggi atau lembaga lain dengan kualifikasi minimal bergelar doktor dan berlatarbelakang keilmuan relevan dengan topik penelitian.
    5. Tim promotor memiliki rekam jejak publikasi karya akademik pada jurnal-jurnal internasional bereputasi sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni.
    6. Dalam pembimbingan, promotor maupun ko-promotor memiliki batas sebanyak-banyaknya 10 (sepuluh) mahasiswa program doktor jalur penelitian.
    7. Tim promotor bertugas membimbing mahasiswa sampai berakhirnya studi, dan dapat digantikan di tengah jalan jika berhalangan.
    8. Tim Promotor ditetapkan dengan Surat Tugas Pembimbingan yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Direktur Pascasarjana.
  4. Evaluasi Kemajuan Studi
    1. Tim promotor wajib melaksanakan evaluasi kemajuan studi mahasiswa program doktor jalur penelitian pada setiap akhir semester dengan fokus untuk menelaah kemajuan pelaksanaan penelitian dan capaian publikasi artikel pada jurnal internasional bereputasi.
    2. Pada saat pelaksanaan evaluasi kemajuan studi, mahasiswa wajib menyampaikan dalam bentuk presentasi laporan kemajuan studi berupa pelaksanaan penelitian, penyelesaian disertasi, dan berbagai aktivitas akademik yang telah dilakukan selama satu semester berjalan di hadapan tim promotor.
    3. Mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan kemajuan studi sesuai target capaian pembelajaran sebagaimana disetujui bersama dengan tim pembimbing, selanjutnya akan memperoleh surat teguran secara bertahap, terdiri atas surat peringatan pertama, surat peringatan kedua, peringatan keras, surat proses DO, dan terakhir surat DO.
  5. Peran dan Fungsi Lembaga dan Unit Terkait
    1. Universitas: menetapkan regulasi akademik, memberi keabsahan penerimaan dan kelulusan mahasiswa.
    2. Pascasarjana: pelaksanaan program dan menjaga mutu program pendidikan doktor jalur penelitian.
    3. Program studi terkait: melaksanakan kegiatan operasional program akademik.
    4. Mahasiswa: memahami peraturan dan menjalankan program pendidikan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan.
  6. Sarana-Prasarana Pendukung
    1. Penyelenggaraan program doktor jalur penelitian didukung dengan ketersediaan sarana-prasarana pembelajaran yang memadai, seperti ruang kerja dan belajar bagi mahasiswa, ruang diskusi kelompok kecil yang dilengkapi dengan fasilitas presentasi dan akses wifi, ruang baca pustaka virtual yang nyaman dan didukung dengan akses wifi yang kuat.
    2. Penyelenggaraan program doktor jalur penelitian juga perlu didukung dengan kenyamanan para mahasiswa dan pembimbing untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, dan berdiskusi terkait dengan kemajuan capaian kegiatan akademik mahasiswa, baik penelitian, keterlibatan dalam forum akademik berupa konferensi atau seminar, maupun publikasi karya ilmiah.
    3. Dukungan sarana-prasarana berupa ketersediaan rujukan akademik dari berbagai basis data global baik berupa e-book, jurnal, prosiding, dan berbagai karya akademik yang dapat diakses oleh mahasiswa secara virtual.
  7. Aktivitas dan Karya Akademik
    Aktivitas akademik mahasiswa program doktor jalur penelitian terdiri atas berbagai aktivitas penyebarluasan gagasan akademik bidang keilmuan sebagai pemakalah pada kegiatan seminar/konferensi internasional, publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi, dan penyelesaian disertasi sebagaimana Tabel 1 berikut ini.
Tabel 1. Aktivitas dan Karya Akademik Mahasiswa Program Doktor Jalur Penelitian
No. Aktivitas dan Karya Akademik
1. Minimal tiga kali bertindak sebagai pemakalah pada seminar/konferensi nasional atau internasional dengan status sebagai penulis utama atau pertama yang berafiliasi pada Universitas Negeri Malang, dengan luaran berupa artikel prosiding seminar/konferensi ber ISBN atau berupa artikel jurnal dari kegiatan seminar/konferensi, yang tersedia secara virtual (online) dan terindeks pada lembaga pengindeks yang diakui atau kredibel
2. Minimal tiga kali memublikasikan artikel hasil kajian atau hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi yang terindeks pada lembaga pengindeks yang diakui atau kredibel sebagai penulis utama atau pertama, dengan afiliasi penulis pada Universitas Negeri Malang.
3. Penyelesaian Disertasi.